Minggu, 20 November 2011

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Hai teman-teman yang membaca blog ini,,jika anda seorang pelajar tentunya tidak asing lagi mendengar kata “Ujian”.. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa ujian itu tidak mengasyikkan,,karena mereka harus menyisihkan waktu mereka untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar nilai nya tidak menjadi jelek.
iNi teman2 tips-tips buat cara belajar yang efektif….Ada beberapa tip dalam mengembangkan sistem belajar yang efektif dan efisien.yang terdiri dari

1. Fresh
Pastikan pikiran dan tubuh kalian harus Fresh,,pikiran harus fokus dari pelajaran,jangan ada masalah atau sesuatu yang dipirkan,jika ada lebih baik jangan belajar dulu,,karena hanya akan menghabiskan waktu belajar kalian saja,belum tentu apa yang kalian pelajari masuk ke otak. Jika sudah lebih fresh pikirannya baru deh belajar.
Tidak hanya pikiran tapi tubuh juga harus fresh,jika kita lelah lebih baik kita beristirahat sejenak jangan dipaksakan untuk belajar ,karena terkadang tubuh yang lelah membuat kita susah untuk berpikir.Mood – Suasana Hati: Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu.

2. Understand – Pemahaman:
Tandai informasi bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau menanyakan kepada teman di waktu sebelum kita memulai ujian atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu.

3. Recall – Ulang:
Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat SENDIRI, seperti membuat suatu singkatan yang mewakili suatu kata, atau hal-hal yang mudah kalian ingat

4. Energy – Stamina
Dalam proses belajar tentunya membutuhkan energy atau stamina yang cukup banyak, Oleh karena itu sebelum kita belajar pastikan dulu keadaan kita tidak lapar, jika lapar lebih baik kita makan terlebih dahulu, karena dengan makan membuat stamina kita kembali terisi lagi.

5. Digest – Telaah:
Kembalilah pada unit yang tidak kamu mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada. Lihatlah informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya, atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen.

6. Expand – Kembangkan:
Jangan membiasakan diri mengcopy semua kalimat atau penjelasan yang ada dibuku,karena hanya membutuhkan waktu yang lama dan terkadang ketika ujian membuat kita “blank”,,oleh karena itu lebih baik lagi jika kita hanya menghapal kata kunci atau yang menurut kalian kalimat yang penting, dari situ kalian bisa kembangkan lagi yang intinya sama dengan yang ada di buku.

7. Review – Pelajari Kembali:
Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah strategi yang telah membantu kamu mengerti dan/atau mengingat informasi.

8. Selalu Berlatih
Berlatihlah mengerjakan soal-soal baik yang ada di buku paket maupun buku latihan. Usahakan mempunyai buku panduan lebih dari satu. Anda tidak perlu membeli buku-buku pelajara yang baru, tetapi Anda bisa membelinya di toko buku bekas.

9. Biasakan Gemar Membaca
Dalam mempelajari pelajaran tidak perlu menghafalkan semua materinya. Itu justru membuat anda cepat lupa. Usahakan membaca materi-materi tersebut, namun harus sesering kali membuka dan memahami materi tersebut. Kamu harus rajin membaca, karena dengan membaca, wawasan kita akan bertambah

10. Konsentrasi
Di dalam proses belajar, Anda harus berkonsentrasi. Tujuannya yaitu agar Anda lebih fokus terhadap pelajaran yang sedang diterangkan maupun pelajaran yang sedang Anda pelajari. Agar lebih cepat paham dan dapat memahami, serta mengerti.

11. Perhatikan
Perhatikan Guru sekolah ataupun Guru bimbingan yang sedang mengajari Anda, agar Anda memahami, walaupun sedikit yang Anda pahami, Anda masih mengerti dan paham tentang materi tersebut.

12. Belajar Kelompok
Merupakan cara belajar yang menyenangkan karena Anda ditemani oleh teman-teman dan biasanya lebih santai dalam belajarnya. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

13. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bagian terpenting dalam suatu pembelajaran adalah mencatat semua ajaran yang diberikan bapak atau ibu guru, dan dapat dilakukan dibuku kecil atau notebook. Tapi perlu diingat bahan catatan tadi jangan dijadikan media untuk mencontek dalam ujian.

14. Disiplin Dalam Belajar
Kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri Anda, dapat dipastikan pelajaran yang Anda lakukan dapat efektif dan efisien.

15. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Ada pepatah Malu bertanya sesat di jalan, ternyata pepatah ini benar, terlebih jika dalam pelajaran. 
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya.

Jadi, terapkan strategi tersebut untuk cara belajarmu berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar